Nama : Alfina Lu'ailly Fauziah (01219074)
Amalia Dwi Septiana (01219075)
Amalia Dwi Septiana (01219075)
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Prodi : Manajemen
Kelas : A-01
Dosen : Hj.I.G.A. Aju Nitya Dharmani,SST,SE,MM
Tugas : Video youtube Manajemen Pemasaran
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis
Di postingan Blog ini saya memberikan Materi dan video mata kuliah Manajemen Pemasaran
Blog ini saya buat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pengantar Bisnis
Sumber Buku :
Judul Buku : Pengantar Bisnis
Penulis : Prof. Dr. Buchari Alma
Penerbit : ALFABETA, CV.
Halaman : 283-303
“ MANAJEMEN PEMASARAN “
Dalam perkembangan pemasaran dari sejak dulu sampai
sekarang konsep pemasaran ini sudah mengalami evolusi. Evolusi ini muncul
sejalan dengan orientasi yang dilakukan perusahaan dalam menghadapi persaingan.
Konsep-konsep tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Konsep Produksi
(Production Concept)
Para pengusaha yang menganut konsep
ini membuat produksi besar-besaran, dengan harga murah melalui prinsip
efisiensi dalam produksi dan menyebarluaskan penjualan produksinya seluas
mungkin.
2.
Konsep Produk (Product
Concept)
Para pengusaha yang menganut konsep
ini berusaha menghasilkan produk yang bermutu. Dalam hal ini kualitas
didasarkan atas pandangan produsen sendiri, bukan menurut pandangan konsumen.
3.
Konsep Penjualan (Selling
Concept)
Konsep penjualan ini berorientasi
pada promosi. Artinya produsen membuat produk secara besar-besaran kemudian
berusaha mempromosikan produknya agar laku dipasar.
4.
Konsep Pemasaran
(Marketing Concept)
Produsen yang menganut konsep ini
beranggapan bahwa konsumen akan membeli barang jika produk itu sesuai dengan
seleranya, artinya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan memuaskan.
Faktor lain yang mempengaruhi
keputusan membeli para konsumen :
1. Budaya dan sub kultur, yang memiliki value
tersendiri, sikap, dan kepercayaan yang mempengaruhi respons mereka terhadap
lingkungan.
2. Social class, perlu diperhatikan apakah
konsumen kita termasuk orang kelas atas, menengah, atau bawah.
3. Reference groups, ini terdiri atas orang-orang
dekatnya. Seringkali mereka bencmark terhadap barang apa yang dibeli oleh
teman-teman tersebut.
4. Self image, dalam hal ini ada kecenderungan mereka
percaya bahwa tampilan seseorang dicerminkan oleh barang apa yang ia beli.
5. Situational factors, ini merupakan situasi
sesaat yang berkesan pada konsumen, seperti dalam keadaan terburu-buru, sudah
memiliki kupon hadiah, atau saat ulang tahun, hari libur,dsb.
Strategi Marketing
Strategi
marketing merupakan analisis dan pemilihan target market yang ingin dicapai
oleh perusahaan dan menciptakan langkah-langkah yang tepat, dengan menggunakan
berbagai kebijakan marketing untuk mencapai tujuan tersebut.
a.
Marketing
mix
Keempat
P pertama disebut 4P tradisional dan 3 P terakhir dikatakan unsur marketing mix
untuk pemasaran produk jasa.
Jadi
ke-7 P tersebut adalah :
1. Product
2. Price
3. Place
4. Promotion
5. People
6. Physical
evidence
7. Process
b.
Customer
Relationship Management (CRM)
CRM
adalah suatu proses dalam mendapatkan, mempertahankan, dan meningkatkan
pelanggan yang menguntungkan.
Menciptakan
loyalitas berkat adanya CRM melalui :
Ø Continuity
marketing : pihak manajemen selalu memonitor dan memberi pelayanan
berkelanjutan kepada para pelanggan agar loyalitas pelanggan ini tetap
terpelihara
Ø One
to one marketing : guna pemenuhan kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan yang
bersifat unik.
Perbedaan
antara one to one marketing dengan traditional marketing
One to one marketing
1. Kunci
keberhasilan diukur dari share of customer
2. Berusaha
menemukan banyak produk yang digunakan oleh satu konsumen
3. Mengelola/mempertahankan
pelanggan melalui pengembangan nilai jangka panjang
4. Mencatat
kunjungan dan produk yang dibeli, mengelola interaksi dengan pelanggan
Traditional marketing
1. Kunci
keberhasilan diukur dari market share
2. Menemukan
banyak pelanggan yang menggunakan satu produk
3. Mengelola
produk agar laku
4. Aktivitas
dilakukan oleh bagian organisasi
Ø Partnering
atau co-marketing
Yaitu
hubungan pelanggan dengan pemasar. Kerjasama ini bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan perusahaan.
c.
Customer
value-Nilai pelanggan
Nilai
pelanggan diperoleh dengan membandingkan manfaat dan pengorbanan.
Manfaat
yang diperoleh konsumen berasal dari : produk yang dibeli, layanan yang
diterima karyawan yang memberikan layanan atau nama baik, rasa bangga terhadap
perusahaan, merek dsb.
Korbanan
adalah berupa pengorbanan yang dikeluarkan oleh konsumen yaitu moneter berupa
nilai uang yang dibayar, waktu yang dikorbankan untuk memperoleh produk
tersebut, energi, dan psikhis.
d.
Customer
dependency
Elemen
ketergantungan konsumen terhadap produsen disebabkan oleh : Akses lokasi karena
sangat strategis, kemampuan pegawai mengenal langganan, inovasi produk bermutu
atau jasa memuaskan.
6.
Turbo Marketing
Dari
dulu sampai sekarang perusahaan mengungguli saingan melalui :
1. Perang
harga
2. Perang
desain
3. Perang
kualitas
4. Perusahaan
menerapkan straegi turbo marketing, dengan berusaha menekan waktu sehingga
perusahaan lebih unggul
7.
Kebijaksanaan Harga
Kebijaksanaan
harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk jangka
waktu tertentu. Kebijaksanaan harga dapat ditentukan oleh beberapa lembaga
seperti : produsen, grosir, retailer, pemerintah.
Ø Price
discount
Discount
ini dapat diberikan berdasarkan jumlah pembelian, karena musim, ada tujuan
tertentu perusahaan dan karena sistem pembayaran.
Ø Promotional
discounts
Ada
2 tipe promotional discounts, yaitu markdowns discount berarti discount yang
diadakan untuk memberanikan konsumen membeli barang yang sebenarnya tidak ia
perlukan. Sedangkan loss leaders adalah usaha untuk menjual barang dibawah
harga pokoknya.
Ø Penetapan
harga barang baru
Price
skimming. Dalam hal ini pengusaha menetapkan harga setinggi mungkin,
dimungkinkan karena barang saingan belum ada dan barang ditujukan untuk
golongan kaya.
Penetration
price. Barang ini sudah banyak saingan di pasar. Oleh sebab itu, untuk memasuki
pasar harus dibanting harganya serendah mungkin.
Geographic
pricing. Mempertimbangkan ongkos pengiriman.
8.
Promotion atau Komunikasi
Bisnis
Promosi
didefinisikan sebagai komunikasi yang memberi informasi kepada calon konsumen
mengenai suatu produk.
Ada
beberapa elemen promosi yang dikenal sebagai promotional mix, yaitu :
1. Advertising:
alat promosi yang sangat ampuh, dapat mencapai daerah yang sangat jauh dan
sulit dimasuki.
2. Personal
selling: promosi yangd dilakukan oleh orang.
3. Public
relation: bagian dari perusahaan yang memberi informasi kepada publik tentang
perusahaan dan produk yang dihasilkannya.
4. Sales
promotion: memberi insentif atau hadiah kepada konsumen agar mereka tertarik
untuk membeli.
Tujuan
penggunaan Sales promotion :
1. Menarik
para pembeli baru
2. Memberi
hadiah kepada pelanggan lama
3. Menyuruh
pembeli agar mengulangi pembeliannya
4. Mencegah
konsumen lari ke merk lain
5. Meningkatkan
loyalitas konsumen
6. Meningkatkan
volume penjualan dalam jangka pendek
Video
Manajemen Pemasaran tersebut bisa anda lihat pada Link Youtube ini
#bangganarotama
#narotamajaya
#thinksmart
#generasiemas
#suksesituaku
#pebisnismudanarotama
Jika anda tertarik atau ingin menjadi web developer, anda dapat mengunjungi blog yang saya buat :)
BalasHapusWeb Developer Tangerang